Breaking News
Home / Kabar USM / USM Tambah Guru Besar Ilmu Ekonomi
USM Tambah Guru Besar Ilmu Ekonomi

USM Tambah Guru Besar Ilmu Ekonomi

SEMARANG – Universitas Semarang (USM) memiliki  tambahan satu guru besar (profesor), Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM yang dikukuhkan sebagai Guru Besar pada bidang ilmu ekonomi USM.  Pengukuhan dilakukan Rektor USM, Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME di Auditorium Ir Widjatmoko Jl Soekarno-Hatta pada Rabu (20/7).
Dalam pidato pengukuhannya, mantan Ibu Bupati Blora ini  menyampaikan materi tentang  “Sinergi Positif Kolaborasi Strategik : Perpaduan Pandangan Sumberdaya dan Relasional ’’.

Menurut Perempuan kelahiran Cepu, 24 Agustus 1964 ini bahwa tantangan  yang dihadapi oleh sebagian besar usaha mikro kecil  dan menengah (UMKM) di Indonesia,  adalah keterbatasan sumberdaya berupa pengetahuan di bidang akses pemasaran dan manajemen. Keterbatasan ini tentunya akan memperlambat kemampuan untuk bisa bersaing.

“Agar UMKM mampu bertahan dan berkembang menuju pasar global, diperlukan  strategi untuk  pengembangan  UMKM  dengan menghubungkan teori yang relevan seperti pandangan sumberdaya (Resource-based View) dan pandangan relasional (Relational Factor View” tambahnya.

Rektor USM merasa bangga memiliki guru besar wanita pertama di Fakultas Ekonomi, dia berharap kedepan USM bisa membuka program studi S3 ilmu ekonomi.

Sementara Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Ir Joetata Hadihardaja mengatakan bahwa pengukuhan guru besar ini merupakan momen yang luar biasa yang dihadiri oleh para guru besar dari Semarang, Malang, Yogyakarta, bahkan ada yang dari Malaysia.

“Saat ini USM memiliki tujuh guru besar dan 23 doktor yang siap mencerdaskan anak bangsa, dan pengukuhan ini semoga bisa memacu para dosen yang lain untuk meraih guru besar” tambahnya.

About redaksi