Universitas Semarang

Bamsoet Apresiasi dan Berharap Kegiatan Parade Puisi USM ke Depan Lebih Menggema

Saiful Hadi | 02 August 2022

SEMARANG – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo SE MBA mengapresiasi kegiatan malam kebudayaan ”Purnama Puisi di Atas Awan” dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-35 yang digagas Universitas Semarang (USM) di Menara USM, 12 Juni lalu.

Menurut Bamsoet sapaan akrabnya parade puisi yang melibatkan penyair, tokoh dan pejabat negara tersebut diharapkan menjadi kalender tetap USM sebagai forum silaturahmi dengan stakeholder serta kolaborasi untuk merawat budaya.

Bamsoet menyampaikan hal tersebut saat menerima sertifikat atau piagam sebagai salah satu tokoh yang membacakan puisi dalam ‘’Purnama Puisi di Atas Awan’’ di Rumah Dinas Ketua MPR RI, Jakarta, Jumat (29/7). Sertifikat diserahkan oleh Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU dan Rektor USM Supari Priambodo ST MT.

‘’Pak Bambang menyatakan terima kasih ke USM atas kesempatan yang diberikan turut membacakan puisi tentang candi di Purnama di Atas Awan. Beliau terkesan dan menilai ini agenda bagus untuk dilanjutkan agar terus menggema dan menjadi ikon USM,’’ kata Soeharsojo.

Seperti diketahui parade puisi tersebut, sejumlah penyair, tokoh dan pejabat terlibat membacakan puisi bertema candi yang buku antologi puisi ‘Percakapan dengan Candi’ (2020) dan ‘Dari Peradaban Gunadarma’ (2021) karya Amir Machmud NS. Selain Bamsoet, mereka yang mendukung kegiatan adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo , Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, mantan Menakertrans Dr Ir Erman Soeparno MBA , Dandim 0733/BS Semarang Letkol Honi Havana dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Ditambahkan Harsojo, Bamsoet menilai andaikan pentas puisi digelar di arena terbuka tentu lebih afdol. Pada kesempatan itu, mantan ketua DPR RI itu juga mengpresiasi atas kesediaan gubernur yang turut terlibat dalam pementasan ini.

Pada sisi lain, kata Harsojo, Bamsoet menilai USM sebagai perguruan tinggi yang memiliki progres bagus dan punya daya saing tinggi. Politikus itu mengaku menaruh hormat kepada almarhum Prof Dr Muladi SH yang punya dedikasi tinggi dalam pengembangan SDM.

Pada momen tersebut, baik Harsojo dan Supari menyampaikan perkembangan terkini USM sebagai Kampus Merdeka dan Go International yang komitmen menyiapkan SDM unggul. Bahkan, selaku rektor, Supari meminta kesediaan kepada Bamsoet untuk memberikan pencerahan atau inspirasi kepada mahasiswa-mahasiswa baru USM.