Universitas Semarang

Dosen USM Beri Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Online

AYANG FITRIANTI, S.S. | 12 April 2021

Semarang  – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) MKU USM menggelar pelatihan dan pendampingan pembuatan soal menggunakan media pembelajaraan online Quizizz dan Kahoot! bagi guru di SD Negeri Wonotingal Semarang pada 5-8 April 2021.

Pelatihan dan pendampingan ini berlangsung dengan sistem offline dan online selama 30 jam pelajaran.

Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pembuatan materi interaktif ini dilakukan oleh tim PKM MKU yang terdiri atas Hernofika Laksmi TS, MHum (dosen Fakutas Teknologi Informatika dan Komunikasi), Dini Anggraheni, MHum (dosen Fakultas Ekonomi) dan Adiprana Yoga MHum (dosen fakultas Psikologi).

Menurut Dini Anggraheni, pelatihan secara tatap muka dilaksanakan pada Senin (5 April 2021) dan Rabu (7 April 2021) di ruang kelas SD Negeri Wonotingal Semarang dengan mengikuti protokol kesehatan.

Adapun pelatihan secara online dilaksanakan pada Selasa (6 April 2021) dan Kamis (8 April 2021) menggunakan media Zoom Meeting.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini guru-guru dapat mengalokasikan materi dan soal-soal yang dibuat menggunakan Quizizz dan Kahoot ke peserta didik masing-masing,” katanya.

Kepala Sekolah SD Negeri Wonotingal Semarang, Darsimah SPd MPd menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru terutama pada masa pandemi.

”Selama pandemi ini metode pembelajaran berubah dari yang semula bertatap muka menjadi pembelajaran online, sehingga guru dituntut untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan media teknologi dan juga lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran kepada murid.,” ujarnya.

Dia mengatakan, pelatihan yang diikuti oleh 26 guru kelas 1-6 di lingkungan SD Negeri Wonotingal Semarang berlangsung dengan baik dan lancar. Para guru SD Negeri Wonotingal juga terlihat sangat antusias pada saat mengikuti pelatihan ini.

”Selama pelatihan, peserta cukup aktif bertanya terkait penggunaan media pembelajaran online Quizizz dan Kahoot!. Mereka juga mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh tim PkM,” ungkapnya.

Pada saat pelatihan, katanya, peserta tidak hanya mendapatkan penjelasan dan teori tetapi juga langsung mempraktikkan penggunaan media pembelajaran online Quizizz dan Kahoot! mulai dari membuat akun guru, membuat materi dan soal hingga memberikan materi pembelajaran dan penugasan kepada murid.(DA)