Universitas Semarang

International Language Carnival Bina Bahasa Jaya USM Sukses Di Gelar

AYANG FITRIANTI, S.S. | 27 October 2020

Semarang - Bina Bahasa Jaya (BBJ) – Universitas Semarang (USM) menggelar seminar online 3 bahasa dengan tema “ International Language Carnival” (ILC) pada Selasa – Kamis, 20 – 22 Oktober 2020.

Seminar tersebut diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut dimulai dengan seminar pembelajaran bahasa Mandarin di hari pertama, Bahasa Arab di hari kedua, dan Bahasa Jepang di hari ketiga dan diikuti lebih dari 200 peserta baik dari mahasiswa USM mapun peserta dari luar.

Kegiatan yang melibatkan para pakar dibidangnya masing-masing antara lain Laoshi Sugihartono, S.E., M.M. (Narasumber Bahasa Mandarin), Ustadz Muslihin, LC. (Narasumber Bahasa Arab), dan Sensei Eri Joko, S. (Narasumber Bahasa Jepang).

Menurut Dini Anggraheni, M.Hum selaku kepala BBJ – USM mengatakan bahwa acara International Language Carnival (ILC) yang diselenggarakan kali ini merupakan event untuk lebih mengenalkan kegiatan dan layanan yang diberikan oleh BBJ – USM kepada civitas akademika USM serta masyarakat pada umumnya, BBJ juga memberikan fasilitas kepada civitas akademika USM untuk mengikuti kegiatan tersebut secara free.

“Awalnya kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa USM saja, namun melihat antusias peserta dari luar USM, maka BBJ membuka kesempatan peserta dari luar USM untuk mengikuti acara tersebut”, ungkap Dini.

Dini juga merencanakan akan menjadikan acara ILC ini sebagai kegiatan rutin BBJ di tiap semester karena melihat begitu besarnya antusias para peserta yang mengikuti ILC dari hari pertama hingga hari terakhir.

“Selain ILC akan dijadikan sebagai acara rutin tiap semester, BBJ – USM juga mengadakan kompetisi desain maskot, serta menyusun soal tes SUEPT (Semarang University English Proficiency Test) yang akan menjadi product tes resmi BBJ sebagai tes pengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswa USM”, tutur Dini. (WU)