Universitas Semarang

Penerapan Hasil Riset Link And Match, USM Gandeng BRIN

Saiful Hadi | 28 April 2022

SEMARANG - Universitas Semarang (USM) gandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk Menindaklanjuti permohonan audensi dari Rektor USM terkait pengembangan inovasi, desa berinovasi, riset teknologi tepat guna dan diseminasi serta pengembangan teknologi blockchain menghadapi Society 5.0, pada Selasa (26/04) secara online via zoom meeting.

 Program Link and Match ini dibuat untuk mengnyinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Hadir dalam kesempatan tersebut, ketua pembina yayasan alumni Undip Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD, anggota yayasan alumni Undip Ir. Soeharsojo, IPU, ketua pengurus yayasan alumni Undip Prof. Dr. Ir. Hj. Kesi Widjajanti, S.E., M.M, Rektor USM Dr Supari ST Mserta para wakil rektor dan para dekan fakultas USM.

Sementara itu dari pihak BRIN hadir diantaranya, Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi Dr Mego Pinandito MEng, Kepala Pusat Riset Sains Data dan informasi Esa Prakasa, Kepala Pusat Riset Teknologi Transportasi Aam Muharam, Kepala Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi Cuk Supriyadi Ali Nandar,

Kepala Pusat Riset Mekatronika Cerdas, Kepala Biro Hukum Kerjasama Mila Kencana, SIP MA, Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Dr Hardi Julendra SPt MSc.

Koordinator Pelaksana Fungsi Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Masyarakat, Koordinator Pelaksana Fungsi Kemitraan Riset dan Inovasi Dalam Negeri, Pelaksana Fungsi Kemitraan Riset dan Inovasi Dalam Negeri.

Rektor USM mengatakan, presentasi terkait materi pada kegiatan ini adalah bisa berkembang dan bisa berkolaborasi dengan organisasi riset dari BRIN yang terkait dengan progam ini.

"Ada dekan dari 6 fakultas dan ada beberapa tim yang kami panggil langsung kaitannya

dengan presentasi terkait materi pada siang hari ini, semoga bisa berkembang ke poin-poin yang lain," ucap Dr Supari ST MT. 

"Saya berharap dari tujuh organisasi riset kemungkinan besar bisa berkolaborasi dengan USM, tujuh organsasi riset tersebut antara lain adalah Energi dan manufaktur, Kebumian dan kemaritiman, Hayati dan lingkungan, Elektronika dan Informatika, Sosial dan humaniora, Pertanian dan pangan, Tata kelola tentang pemerintahan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.

Dr Supari ST MT menilai ketujuh organisasi riset dari BRIN, memiliki keterkaitan dengan fakultas-fakultas yang ada di USM

"Tujuh organisasi ini sangat erat kaitanya dengan 6 fakultas di kami baik progam Diploma, Sarjana, atau, Magister.