Universitas Semarang

Petuagas Perpustakaan USM Terima Pelatihan Manajemen E-Skripsi dan SLiMS

Saiful Hadi | 27 October 2022

SEMARANG - Dalam upaya meningatkan SDM, petugas perpustakaan Universitas Semarang (USM) menerima pelatihan manajemen e-skripsi dan SLiMS pada Sabtu, 15 Oktober 2022 di Laboratorium Multimedia Lantai 9 Gedung Menara "Prof H Muladi SH" USM.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 12 petugas perpustakaan fakultas maupun pusat, hal ini dikhususkan pada bagian pelayanan UPT Perpustakaan Universitas Semarang.

Adapun dua narasmber pada pelatihan ini yaitu, Pengembang Aplikasi E-Skripsi di USM Noer Adhi Prasetya SKom, dan seorang trainer dari slah satu pengembangan aplikasi SLiMS di Semarang Erwanto Setyo Budi SHum.

Menurut Erwanto Setyo Budi mengatakan, pada sesi pelatihan ini para petugas perpustakaan harus mampu memanfaatkan menu-menu yang ada di aplikasi SLiMS.

"Pemanfaatan aplikasi SLiMS harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, hal ini guna mempermudah kinerja petugas dan mengoptimalkan pelayanan bagi para pemustaka," tandas Erwanto.

Sedangkan menurut Noer Adi Prasetyo sebagai pemateri E-skripsi, beliau juga menegaskan pentingnya para petugas perpustakaan dalam peningkatkan mutu sumber daya manusianya khususnya dalam aturan-aturan penulisan pembuatan skripsi.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama satu hari dengan harapan para petugas perpustakaan mempunyai semangat baru dalam melayani pemustaka.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini, para petugas perpustakaan mempunyai semangat baru khususnya dalam melayani para pemustaka yang selama dua tahun pelayanan diadakan secara online karena adanya Covid-19," harap Kepala UPT Perpustakaan Umi Farida SHum MHum.

Pelatihan ini diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta, terbukti banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada para pemateri.

Adanya kegiatan ini, diharapkan petugas perpustakaan semakin termotivasi untuk meng-update ilmunya agar semakin berkualitas dalam pekerjaannya.

Umi Farida juga berharap, untuk kedepanya kegiatan Pelatihan Manajemen E-Skripsi dan SLiMS dapat menjadi agenda rutin disetiap tahunnya.