Universitas Semarang

Seminar Daring IO USM, Hadirkan Dr. Nurbiha A Shukor dari UTM Malaysia

AYANG FITRIANTI, S.S. | 11 June 2020

Semarang - Kantor Urusan Internasional (KUI) atau International Office (IO) Universitas Semarang (USM) gelar Guest Lecture "The Challenge of Education Change in Digital Transformation Era" Rabu kemarin 10 Juni 2020 melalui daring dengan narasumber Manager Creative Multimedia & Learning Technologies  (CMLT) UTMLead & Senior Lecturer Schoool ofEducation Faculty of Social Science & Humanities Universiti Teknologi Malaysia (UTM) , Dr Nurbiha A Shukor.


Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta baik mahasiswa maupun dosen melalui aplikasi zoom dari berbagai daerah.

Acara yang dimoderatori oleh Wakil Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM ini diawali dengan sambutan Rektor USM, Andy Kridasusila, S.E., M.M

Beliau berharap dalam kegiatan ini ada manfaat besar yang dapat diambil mengenai topik yang sedang hangat di era pandemi ini mengenai tantangan perubahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan.

"Mau tidak mau, ditengah pandemi covid19 kita harus memaksimalkan yang kita miliki, untuk tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui teknologi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa." ujarnya

Dalam online meeting tersebut, Kepala IO USM juga menyampaikan bahwa sebelumnya mahasiswa UTM mengikuti Summer Program di USM selama beberapa waktu lalu.

Banyak sekali yang dibahas dalam kegiatan ini, dimana di tengah pandemi seperti ini, mau tidak mau, suka tidak suka sektor pendidikan dituntuk untuk merubah gaya pengajaran untuk menyampaikan materi yang harus didapatkan oleh pelajar, termasuk yang dialami juga oleh USM.

Pertemuan yang tadinya tatap muka oleh pengajar dan pelajar di suatu tempat secara langsung, kini harus dilakukan secara daring dan diakui oleh Dr Nurbiha A Sukhor bahwa prosesnya untuk melakukan pembelajaran secara daring lebih kompleks, tapi harus tetap kita jalankan dan kita hadapi.

"Untuk itu kita dapat memanfaatkan apa pun yang berada di dunia digital dan menggunakan platform platform yang sudah tersedia tersebut untuk dimanfaatka sebagai media pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa." tambahnya.

Kegiatan ini digelar juga untuk melanjutkan kerjasama yang sudah dijalani antara kedua belah pihak, seperti join publication, join research, student exchange, staff and lecture exchange, sharing knowledge, tri dharma Perguruan Tinggi, dan lain lain sehingga akan memperkuat kerjasama serta kolaborasi dan juga menginformasikan informasi perubahan pendidikan di era transformasi digital.