Universitas Semarang

Tim PkM FE USM Beri Pelatihan Penjualan Berbasis Digital pada UMKM

Saiful Hadi | 25 October 2022

SEMARANG - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (FE-USM) memberikan pelatihan peningkatan penjualan dan promosi berbasis digital produk UMKM di Kelurahan Peterongan Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, pada Rabu (19/10/2022).

Tim pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh Adhi Widyakto SE MM bersama tiga rekannya antara lain Edy Suryawardana SE MM, Andy Kridasusila SE MM dan Tri Rinawati SE MM .

Adhi Widyakto mengatakan maksud serta tujuan pengabdian ini, guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola dan membina UMKM di daerahnya, dalam mengatasi lambatnya pemasaran produk didalam UMKM.

"Selain itu, pengabdian ini juga mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, Pemerintah dan masyarakat. Dengan mengoptimalkan pemasaran produk melalui pelatihan Pemasaran Digital dalam UMKM ," ujar Adhi.

Kegiatan yang digelar di Aula Kelurahan Peterongan ini, diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatiahan tersebut, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta dalam pemasaran suatu produk tersebut. Peserta juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan.

Dua mahasiswa USM turut berpartisipasi dalam PkM ini, antara lain Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah dengan mempersiapkan komponen-komponen pelatihan.

"Kedua mahasiswa kami berpartisipasi mempersiapkan komponen-komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema & konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi," ungkap Adhi.

"Serta memberikan pengetahuan proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk kepada Ibu PKK Kelurahan Peterongan dan para pelaku UMKM kelurahan Peterongan," imbuhnya.