Universitas Semarang

Tim Robot USM Juara 1 Kontes Robot Indonesia 2020

AYANG FITRIANTI, S.S. | 12 October 2020

Semarang - Tim Robot Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara 1 pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusnas) Kemendikbud untuk Wilayah I Indonesia bagian barat yang meliputi Jateng, Jabar, Sumatera, Riau, dan Batam pada Kamis (8/10).

Tim Robotika Teknik elektro USM mengikuti 3 jenis lomba yaitu Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Robot “Useros” USM berhasil meraih juara 1 pada divisi KRSBI beroda dan strategi terbaik,  serta robot Injoh-Bot juga berhasil meraih juara 1 pada divisi KRPAI.

Tim Useros yang terdiri dari Sungging Fadmasetya, Setyo Mudo, Muhammad Achany, dan Edi Priyono dengan dosen pembimbing La Ode Muhammad Idris MT ini berhasil mencetak gol sebanyak 10, 9 dan 8.

Sementara Tim Injoh-Bot yang terdiri dari Agus Prianto, Dimas Septian Aldianto, dan Arga Riski Kurniawan dengan pembimbing Sapto Budi Priyanto mendapat perolehan nilai 640 sehingga meraih juara 1 mengalahkan Unsoed, Unsri Palembang, dan Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

Saat ini tim robotika USM sedang menyiapkan untuk menuju tingkat nasional yang akan digelar pada November mendatang.