Ilkom USM Ajak Karang Taruna Kelurahan Gayamsari Belajar Digital Marketing
SEMARANG – Data yang dirilis Kementerian Koperasi dan UMKM Tahun 2024, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 65 juta Unit. Tidak sedikit anak muda yang mulai melirik terjun sebagai pelaku usaha. Berangkat dari data ini, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Semarang menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) terkait Pelatihan Digital Marketing bagi Karang Taruna Gayamsari, pada minggu (10/11/2024) di Aula Kelurahan Gayamsari.
Kegiatan menghadirkan narasumber Dosen S1 Ilmu Komunikasi USM Ayang Fitrianti SS MIKom, Lurah Gayamsari Lina Budiarti SH dan anggota Karang Taruna Kelurahan Gayamsari.
Ketua PkM Pelatihan Digital Marketing Ami Saptiyono SIKom MIKom, mengaku Pelatihan ini sebagai roadmap pengabdian Program Studi S1 Ilmu Komunikasi USM dalam mengenalkan Teknologi Digital untuk Bisnis.
“Harapannya selaras dengan program pemerintah dalam mengupgrade UMKM mengenal digital bisnis, dan langkah ini akan lebih mudah dilakukan ke generasi muda” ujar Ami Saptiyono.
Ditemui saat kegiatan, Pemateri yang juga dosen S1 Ilmu Komunikasi USM, Ayang Fitrianti berbagi pengalaman praktis bagaimana UMKM dapat secara efektif menggunakan platform marketplace untuk sarana promosi dan penjualan produk yang dimiliki generasi muda di Kelurahan Gayamsari
“Banyak pilihan teknologi digital yang bisa dipakai untuk bisnis. Kuncinya mengenali karakter teknologi dan target konsumen yang dibidik. Setelah itu perlu punya strategi konten marketing yang memikat konsumen” ujar Ayang Fitrianti.
Acara yang dibuka langsung oleh Lurah Gayamsari, Lina Budiarti, S.H mengaku Keterlibatan anak muda dengan pemanfaatan teknologi digital diyakini mampu menjadikan UMKM naik kelas.
“Anak muda itu lebih adaptif dalam penggunaan teknologi digital, kalau mereka terjun di bisnis online, potensi pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM bisa meningkat” ujar Lina Budiarti
Puluhan peserta yang ikut pelatihan tertantang untuk berani mencoba live menjual produk lewat aplikasi tiktok sebagai bentuk implementasi pelatihan digital marketing.