Back

USM Gelar Seminar Implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023

SEMARANG Universitas Semarang (USM) menggelar seminar daring dengan judul “Implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.” Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 23 November 2023, di ruang telekonferensi, Gedung Menara USM.

Lebih lanjut, narasumber dalam seminar ini adalah Ketua Majelis Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni Prof Dr rer nat Imam Buchori ST, serta dihadiri oleh dosen dan pejabat struktural yang ada di USM.

Kemudian dalam wawancarannya, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD mengatakan dalam Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023, fokus utamanya adalah menetapkan kriteria dan kualifikasi perguruan tinggi serta program studi sebagai panduan investasi. Terdapat penekanan kuat pada upaya mencapai unggul melalui peningkatan mutu.

“Dalam Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023, terdapat dua poin penting. Pertama, mengenai Sistem Nasional Pendidikan Tinggi yang merinci kriteria dan kualifikasi bagi perguruan tinggi dan program studi. Ini menjadi acuan penting dalam pengambilan keputusan investasi,” ucapnya.

“Kedua, fokus pada upaya menjadi unggul, di mana peningkatan mutu menjadi kunci utama. Penting bagi kita semua, terutama para pejabat struktural dan dosen, untuk menjaga mutu ini di semua bidang tugas, dalam pengelolaan perguruan tinggi. Semoga hal ini memberikan pemahaman dan semangat untuk terus meningkatkan kualitas agar dapat unggul,” jelasnya.

Sementara itu, dalam wawancarannya, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM mengatakan seminar ini dirancang untuk merinci dan membahas implementasi akreditasi sesuai dengan regulasi terbaru. Harapan kami, USM dapat meraih peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik melalui upaya menuju akreditasi yang unggul.

“Dukungan aktif dari para dosen sangat diharapkan, terutama dalam konteks penelitian dan publikasi di tingkat nasional maupun internasional. Melalui seminar ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan universitas serta meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menyelesaikan studi dengan tepat waktu,” ucapnya.