Back

USM Kirim 11 Mahasiswa KKN Internasional Batch-1 di Thailand

SEMARANG – Universitas Semarang (USM) mengirimkan 11 mahasiswanya untuk melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional Tahun 2023. KKN ini sebagai turunan dari MoU antara USM dan Alhidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development, Thailand yang telah ditandatangani pada tanggal 25 Mei 2023 lalu, dan dilaksanakan pada 7 November – 4 Desember 2023, di Phatnawitya Yala School, Sateng Road, Muang, Yala 95000, Thailand.

Lebih lanjut tema kegiatan KKN Internasional Batch-1 ini adalah “Education and Practice of Flood Preventing and Underground Water Sustainability”. 11 Mahasiswa USM tersebut diantarannya, Mareita Rahmadanti Irawan (S1 Hukum), Dhimas Sasongko Adji (S1 Teknik Elektro), Safrina dina Azkiya (S1 Teknik Sipil), Andhika Rizal Saputra (S1 Perencanaan Wilayah Kota).

Kemudian Arinanda Fadhilatu Faza (S1 Teknologi Hasil Pangan), Indrit Yudha Prasmana (S1 Teknologi Hasil Pangan), Cinta Metatarsal Listya Putri (S1 Psikologi), Prita Feberiani (S1 Psikologi), Yoseva Putri Zefanya (S1 Ilmu Komunikasi), Aurellia Octa Sanyoto (S1 Pariwisata), dan Devira Aprillia Hartanu (S1 Pariwisata).

Adapun dosen pembimbing lapangan (DPL) dalam KKN ini adalah Herman NK Paninggiran SS MM Par, dan dosen yang akan melaksanakan PkM adalah Ngudi Hari Crista ST MT pada 7 – 12 November 202.

Dalam wawancarannya Rektor USM, Dr Supari ST MT mengatakan KKN internasional ini merupakan upaya USM untuk melakukan pengabdian secara langsung di negara Thailand, harapannya agar terjadi pertukaran kebudayaan, pertukaran ilmu, pertukaran seni, pertukaran pemikiran, sehingga menjadi kompetensi tambahan bagi mahasiswa.

“Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan KKN internasional oleh USM tahun 2023 ini adalah batch pertama, USM mengirimkan mahasiswa dan dosen ke Thailand ke luar negeri melakukan pengabdian dan hadir langsung ke masyarakat untuk menyumbangkan pikiran tenaga untuk masyarakat yang ada di sana,”ucapnya.

“Harapannya adik-adik mahasiswa ini mempunyai manfaat bagi masyarakat di sana dengan memberikan pemikiran, memberikan tenaganya sesuai dengan budaya-budaya yang ada di Indonesia, dan tentu dibalik itu juga mereka akan belajar budaya yang ada di Thailand, sehingga akan terjadi pertukaran kebudayaan, pertukaran ilmu, pertukaran seni, pertukaran pemikiran, sehingga menjadi kompetensi tambahan bagi mahasiswa,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Satuan International Office USM, Faisal Yusuf BA MM MBA mengatakan, PkM & KKN Internasional “USM goes to Thailand 2023 Batch-1” ini merupakan salah satu program unggulan USM yang memberikan kesempatan untuk dosen & mahasiswa.

“Pada kegiatan Internasional ini tidak untuk belajar saja, tetapi ada nilai wawasan, nilai pengembangan diri termasuk pengalaman ke luar negeri, pengenalan budaya dan juga untuk membekali mahasiswa dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN. Selain itu dosen dan mahasiswa bisa memberikan ilmu yang bermanfaat kepada Phatnawitya Yala School sebagai bentuk pengabdian kepada Masyarakat,” ucapnya.