Back

USM Open 2024: Kejuaraan Bulutangkis Berskala Nasional Dukung Prestasi Atlet Muda

SEMARANG – Sebanyak 530 peserta telah mengikuti Kejuaraan Bulutangkis USM Open di Gelora Universitas Semarang (USM) Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari.Kejuaraan yang berskala nasional ini digelar mulai Senin, 6 Mei 2024 hingga 11 Mei 2024.

Kejuaraan yang rutin digelar setiap tahunnya mempertandingkan kelompok umur mulai usia dini sampai remaja, antarpelajar SMA/Sederajat dan antarmahasiswa se-Indonesia. untuk kelompok umur mempertandingkan kategori Dasar, Madya, dan Utama.

Sedangkan untuk kategori Dasar hanya untuk atlet se-Kota Semarang, sedangkan kategori Madya diikuti atlet se-Jawa Tengah. Adapun kategori utama terbuka bagi atlet se-Indonesia.

Bagi juara 1 kelompok pelajar SMA, selain mendapatkan hadiah uang pembinaan, medali dan piagam penghargaan, juga berhak atas beasiswa kuliah gratis di USM

Dalam wawancarannya, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, menyatakan, “Penyelenggaraan USM Open yang ke-17 ini merupakan salah satu upaya dari Universitas Semarang dalam mencetak pemuda-pemuda yang berpotensi menjadi seorang atlet,” ucapnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkat menjadi ajang bersifat internasional di tahun-tahun mendatang, kemudian dukungan dari masyarakat sangat diperlukan untuk konsistensi penyelenggaraan ajang ini,” lanjutnya.

Dr Junaidi menambahkan, “Kami juga memberikan beasiswa kuliah di USM bagi para atlet tingkat SMA yang meraih juara 1 sebagai bentuk apresiasi. Harapannya, beasiswa tersebut dapat dimaksimalkan oleh para atlet untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Hidayat Abiyyi atlet dari SMAN 1 Semarang, yang meraih juara 1 dalam kategori tunggal putra SMA dan ganda putra SMA bersama rekannya Adna Farel Nugroho atlet dari SMAN 1 Batang, mendapatkan uang pembinaan dan beasiswa kuliah di USM.

Hidayat mengungkapkan kegembiraannya atas apresiasi dari USM, serta menyatakan bahwa USM memiliki fasilitas yang baik untuk mengadakan pertandingan bulu tangkis.