Core Values Universitas Semarang

Core Values

HATI (Harmoni, Akuntabilitas, Transparansi, Integritas)

Core Values USM

Harmoni : menyadari adanya perbedaan atau keragaman antar unsur namun tetap berjalan bersamaan dan saling memberi timbal balik hingga mencapai tujuan

Akuntabilitas : menjaga kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar prosedur pelaksanaan serta adanya output dan outcome yang dapat terukur

Transparansi ; terbuka dalam melaksanakan setiap kegiatan di organisasi

Integritas : berkomitmen untuk secara konsisten menjaga kejujuran dan kepatuhan dalam nilai, prinsip dan etikan di segala situasi

FILOSOFI

LOGO CORE VALUES HATI

Hati, merepresentasikan Simbol Cinta dan merupakan organ vital. Setiap dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Universitas Semarang selalu menjalankan aktivitas dengan setulus hati, menuju pada kesuksesan yang tercermin dari warna Emas.

Bentuk Hati dengan garis kurva melengkung memberikan kesan keanggunan dan luwes, memiliki makna organisasi senantiasa dihadapkan pada tantangan yang harus dihadapi dengan keanggunan dan sikap fleksibilitas yang bertanggungjawab.

Telapak tangan dengan menonjolkan ibu jari dan jari telunjuk menopang Hati, merepresentasikan setiap aktivitas dalam organisasi yang dijalankan dengan cinta dan kasih sayang, membutuhkan pondasi kuat yang mampu menggerakkan ke arah yang dikehendaki oleh organisasi.

Tangan yang menonjolkan ibu jari dan jari telunjuk merepresentasikan symbol pemimpin yang mampu menunjukkan arah kebijakan yang tepat. Ibu jari merupakan jari utama dan induk dari dari keempat jari lainnya dan biasanya identik dengan persetujuan. Arah kebijakan organisasi yang ditetapkan oleh pemimpin senantiasa diikuti oleh seluruh jajaran dan Jari telunjuk merepresentasikan pemberian kebebasan bagi siapapun untuk berani menyampaikan pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan.

Latar belakang Warna Merah Putih, warna merah putih di sini adalah lambang Negara Republik Indonesia. Semua aktivitas, kerja keras, dan dedikasi yang dilakukan dipersembahkan untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

FILOSOFI WARNA

    1. Warna Emas mempunyai makna Prestasi, Kesuksesan, dan Kemenangan
    2. Warna Biru mempunyai makna Profesionalisme, Kecerdasan, dan Kepercayaan, serta merupakan ciri warna USM
    3. Warna Merah mempunyai makna Kekuatan, Semangat, dan Berani
    4. Warna Putih mempunyai makna Ketulusan, Kebebasan, dan Keterbukaan